Minggu, 08 Juli 2012

0 Makalah TELEVISI; MEDIA DAKWAH DALAM MEMBANGUN KEBUDAYAAN MASYARAKAT INDONESIA

Sinopsis Makalah TELEVISI; MEDIA DAKWAH DALAM MEMBANGUN KEBUDAYAAN MASYARAKAT INDONESIA

TELEVISI; MEDIA DAKWAH DALAM MEMBANGUN KEBUDAYAAN MASYARAKAT INDONESIA

A. Pendahuluan.
Media massa sekarang tidak lagi dipandang sebagai corak lain dalam masyarakat kita hari ini. Termasuk juga, bahwa media massa telah menjadi sebuah bagian integral, dan telah membentuk hubungan antara kebudayaan dan negara. Sangat sering, media massa dipandang sebagai media cetak yang menjadi jembatan antara negara dan kebudayaan. Di sini, komunikasi pesan tidak hanya mengembangkan  pencarian transmisi dan pengiriman informasi akan tepi juga pertukaran makna di kalangan masyarakat dengan latar yang sosio-kultural yang berbeda.
    Sejak komunikasi menjadi elemen  kebudayaan, maka kebudayaan, dengan tidak bisa diacuhkan, telah membentuk sebuah ramuan pemikiran tentang dunia di luar lingkungan sosial penerima pesan tersebut. Baik komunikasi dan kebudayaan adalah proses dan corak yang sama-sama melampaui batas waktu dan ruang. Seluruh manusia di penjuru dunia pasti memliliki satu cara atau lebih untuk mengembangnkan dan memperluas kebudayaan mereka baik secara gegrafical ataupun temporal. 
    Sekarang ini kita sedang memasuki era kemajuan komunikasi yang memungkinkan kita untuk berhubungan dengan siapa saja, dimana saja dan kapan saja. Bersama dengan peristiwa ini biasanya diiringi dengan kemajuan di berbagai bidang. Salah satu kesulitan bagi negara-negara yang sedang berkembang tersebut adalah rumitnya teknolgi modern. 
    Makalah sederhana ini akan mencoba menguraikan tentang peran televisi sebagai salah satu media komunikasi dan media dakwah dalam kebudayaan masyarakat Indonesia

B. Televisi: Pembangun Kebudayaan
    1. Sosial.
Televisi sebagai salah satu media komunikasi akan menghasilkan beberapa perubahan dalam masyarakat. Perubahan itu merupakan konsekwensi lebih bagi masyarakat. Masa sekarang ini telah menunjukkan ciri pada meningkatnya kebutuhan akan informasi dan pengetahuan dalam semua aspek aktivitas manusia.

Ingin  makalah ini silahkan klik di SINI
 
Kata Kunci Blog ini = Kumpulan Tesis dan makalah, Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri

0 komentar:

Poskan Komentar