Sabtu, 07 Juli 2012

0 Makalah TAFSIR AL-JALALAINI

Sinopsis Makalah TAFSIR AL-JALALAINI

TAFSIR AL-JALALAINI

A.    LATAR BELAKANG INTELEKTUAL PENULIS TAFSIR

Kitab Tafsir Jalalain ini terdiri dari dua jilid, masing-masing ditulis oleh Al-Allamah Al-Muhaqqiq Jalaluddin Al-Mahally, nama lengkapnya Jalaluddin Muhammad bin Ahmad bin Ibrahim bin Ahmad bin Hasyim Al-Mahally Al-Mushri Al-Syafi’I Al-Mahally lahir di Kairo tahun 791 H / 1389 M dan Wafat tahun 864 H. 

Beliau memulai karyanya dalam Tafsir Jalalain, dengan menafsirkan awal Surat Al-Kahfi sampai akhir Surat An-nas, kemudian Surat Al-Fatihah juga merupakan karyanya, yang beliau letakkan sesudah An-Nas. Tafsir Jalalain jilid kedua merupakan karya Al-Mahally.

Sedangkan jilid pertama adalah hasil karya Al-Allamah Al-Muhaqqiq Jalaluddin As-Suyuthi. Nama lengkap As-Suyuti ialah Abdul Rahman ibn Kamal Al-Din Abi Bakr ibn Muhammad ibn Sabiq Al-Din ibn Fahr ibn Ustman ibn Natsir Muhammad ibn Saif Al-Khidhiri Al-Suyuthi Al-Mishri Al-Syafi’i. lahir di Mesir tahun 849 H dan wafat tahun 911 H.  Jilid pertama ini beliau awali dari Surat Al-Baqoroh hingga akhir Surat Al-Isra’.

Dinamakan Tafsir Jalalain karena Tafsir tersebut hasil karya dua orang yang bernama Jalal yaitu Jalaluddin Al-Mahally dan Jalaluddin As-Suyuthi. Tafsir Jalalain adalah salah satu dari sekian banyak kitab tafsir hasil karya tulis ulama terdahulu.


Ingin  makalah ini silahkan klik di SINI
 
Kata Kunci Blog ini = Kumpulan Tesis dan makalah, Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri

0 komentar:

Poskan Komentar