Jumat, 13 Juli 2012

0 Makalah Suksesi Khilafah Rasyidah dan Perkembangan Islam

Sinopsis Makalah Suksesi Khilafah Rasyidah dan Perkembangan Islam

Suksesi Khilafah Rasyidah dan Perkembangan Islam


I. Pendahuluan
    Nabi Muhammad SAW telah memimpin masyarakat Muslim kurang lebih selama 10 tahun.  Pemerintahan nabi Muhammad SAW di Madinah telah berhasil memberikan beberapa dasar hukum baru pada masyarakat Arab, baik pada sisi politik, sistem kemasyaratan, sistem hukum yang akan mengatur masyarakat Muslim pada masa selanjutanya.
    Dalam kurun kurang lebih 10 tahun itu, Muhammad SAW selain sebagai Rasulullah SAW juga menjadi seorang pemimpin sosial, negarawan yang berhasil. Klaim Rasulullah SAW sebgai negarawan dapat kita katakan demikian dengan pertimbangan bahwa selain orang  yang mendapatkan otioritas wahyu yang mempunyai otoritas tertinggi dalam tingkatan perintah dan keputusan baik dalam masalah politik dan sosial, juga nabi memiliki keahlian psikologis sosial dalam membangun masyarakat sosial yang saat itu bolehlah dikatakan sebagai masyarakat yang homogen bila dibandingkan dengan keragaman masyarakat muslim pada masa selanjutnya. Selain itu Muhammad juga  mempunyai keunggulan dalam bidang adaministrasi.
    Ketika Muhammad SAW sebagai pemimpin tertinggi dengan tunjangan wahyu wafat tanpa meninggalkan peraturan terperinci dalam penunjukan penggantinya selanjutnya telah menghadirkan masalah baru dalam masyarakat muslim. Pada sisi sosio-religius kematian Rasulullah SAW telah membawa krisis kepercayaan dan krisis kepemimpinan pada tataran politik.
    Menurut kami, transisi yang dialami masyarakat muslim pada saat itu merupakan salah satu transisi kritis dalam perjalan sejarah Islam. Masa itu merupakan salah satu masa krusial yang berpeluang melahirkan beberapa masalah-masalah yang lebih besar daripada yang pernah tercatat dalam sejarah. Dampak kematian Muhammad SAW yang selain pemimpin juga seorang Rasulullah SAW telah melahirkan beberapa golongan yang tidak mau tunduk kecuali kepada Muhammad SAW.
    Makalah ini akan menguraikan tentang suksesi khilafah rasyidah dan perkembangan Islam pada masa empat khalifah tersebut.

II. Abu Bakar as-Shiddiq: Khalifah Pertama
A. Proses Pengangkatan Abu Bakar r.a
    Dalam catatan sejarah, pengangangkatan Abu Bakar r.a sebagai kahlifah mengalami polemik di kalangan para sahabat, hal ini diamping bahwa Ali bin Abi Thalib r.a tidak ikut dalam peristiwa Saqifah, ternyata Ali bin Abi Thalib juga tidak mau membaiat Abu Bakar hingga enam bulan lamanya.
    Dalam proses pemilihannya terjadi hal-hal yang kurang damai antara kaum Anshor dan Muhajirin. Kaum Anshor sebagai penduduk asli mengklaim  bahwa mereka memiliki lebih banyak andil dalam menyiarkan Islam dan memiliki sumber daya manusia yang tidak kalah kualitasnya dibandingkan kaum Muhajirin. Dengan demikian mereka melakukan musyawarah di suatu tempat di Bani Sai’dah untuk memilih dan membaiat Sa’id bin Ubaidillah, seorang pemuka dari suku Khazraj.
    Berita persidangan itu sampai kepada Umar bin Khattab  yang kemudian bersama Abu Bakar berangkat untuk menghadirinya. Dalam persidangan terjadi beberapa perbedaan pendapat tentang siapakah yang lebih layak menggantikan Rasulullah saw. Kaum Anshor mengusulkan agar dijadikan dua pemimpin masing-masing  mewakili kaum Muhajirin dan Anshor.

Ingin  makalah ini silahkan klik di SINI
 
Kata Kunci Blog ini = Kumpulan Tesis dan makalah, Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri

0 komentar:

Poskan Komentar