Rabu, 11 Juli 2012

0 Makalah Populasi dan Sample Penelitian

Sinopsis Makalah Populasi dan Sample Penelitian

Populasi dan Sample Penelitian

A. Pendahuluan.
Baik populasi dan sample merupakan dua hal yang sangat urgen untuk diperhatikan dalam penelitian, karena ketepatan dalam menetukan populasi dan sample sangat berpengaruh dalam menentukan kesimpulan penelitian. Lebih lanjut, karena sample merupakan bagian dari populasi maka ketepatan penetapan populasi tentu sangat menentukan terhadap teknik sampling dan sampel itu sendiri.
Secara sederhana populasi adalah seluruh data yang menjadi perhatian peneliti. Sementara sample adalah pilihan terhadap data tersebut yang akan digunakan sebagai bahan penelitian dan penilaian.
Lebih lanjut, makalah ini akan menguraikan tentang populasi dan sample dan hal-hal yang berkaitan dengan keduanya.

B. Populasi:
Definisi.
Populasi adalah seluruh data yang menjadi perhatian kita dalam sebuah ruang lingkup dan waktu yang kita tentukan. Dengan demikian, populasi berhubungan dengan data bukan dengan manusianya. Populasi memiliki parameter yakni besaran terukur yang menunjukkan ciri dari populasi tersebut, seperti: rata-rata, bentengan, rata-rata simpangan, variansi dan sebagainya.
Populasi juga dapat diartikan sebagai keseluruhan objek penelitian yang terdiri dari manusia, benda, hewan, tumbuh-tumbuhan, gejala, nilai tes, atau peristiwa yang menjadi sumbher data yang memliki karaktersitik tertentu di dalam suatu penelitian.
Pembagian Populasi
Populasi dalam sebuah ruang lingkup penelitian dapat dibagi kepada beberapa macam. Bila dikaitakan dengan batasannya, maka populasi terbagi kepada:
1.    populasi terbatas atau populasi terhingga, yakni populasi yang memliki batas jumlah secara jelas karena memiliki karakteristik khusus dan jelas yang membedakannya dengan objek lainnya.

Ingin  makalah ini silahkan klik di SINI
 
Kata Kunci Blog ini = Kumpulan Tesis dan makalah, Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri

0 komentar:

Poskan Komentar