Jumat, 13 Juli 2012

0 Makalah NEPOTISME DAN PEMBERONTAKAN PADA MASA PEMERINTAHAN UTSMAN BIN AFFAN

Sinopsis Makalah NEPOTISME DAN PEMBERONTAKAN  PADA MASA PEMERINTAHAN UTSMAN BIN AFFAN 

NEPOTISME DAN PEMBERONTAKAN  PADA MASA PEMERINTAHAN UTSMAN BIN AFFAN

A. Pendahuluan.
Setelah wafatnya Rasulullah SAW, Islampun memasuki masa transisi pemerintahan dari zaman yang langsung dipimpin oleh Rasul yang selalu mendapat bimbingan  langsung dari Allah kepada seorang Abu Bakar ( 632-634 ) yang hanya sahabat Nabi. Maka masa ini diwarnai pesoalan agama seperti kemurtadan dan keengganan membayar zakat.
Masa transisi ini berhasil dilalui oleh ummat Islam dengan selamat, maka Islam sebagai agama, politik dan budaya mulai menggeliat setelah ditinggal Rasul. Banyak keputusan-keputusan baru yang harus diambil, tanggung jawab ini diemban oleh khalifah ke-II Umar Bin Khattab (634-644 M ). Penyebaran agama Islampun dilaksanakan seiring dengan perluasan wilayah Islam. Banyak orang yang takluk dibawah Islam memeluknya sebagai agama meskipun ada sebahagian dari mereka yang membenci Islam ataupun bangsa Arab yang merupakan penjajah. Umar memerintah dengan tegas dan disiplin, rakyat maupun pegawainya akan dihukum bila terbukti bersalah. Pada akhir pemerintahannya timbul gejala-gejala ketidakpuasan terhadap kebijakan-kebijakannya yang disuarakan pertama kalinya oleh mereka yang membeci Islam ataupun bangsa Arab. Hal yang paling menonjol adalah pembagian hasil rampasan perang yang dinilai tidak adil. Tetapi hingga akhir hayatnya tidak ada yang berani mengutarakan secara terang-terangan.
Maka Khalifah yang selanjutnya yaitu Utsman Bin Affan tak akan terlepas dari pengaruh geliat jahiliah ini. Pada masa Utsman sendiri terjadi pemberontakan yang menyebabkan terbunuhnya Utsman bin Affan. Dalam sejarah, salah satu menyebabkan pemberontakan terjadi adalah gaya kepemimpinan Utsman yang tidak tegas dan memihak kepada keluarganya (nepotisme). Makalah ini akan menjelaskan bagaimana tuduhan tersebut muncul, muncul pemberontakan dan terbunuhnya Utsman.

Ingin  makalah ini silahkan klik di SINI
 
Kata Kunci Blog ini = Kumpulan Tesis dan makalah, Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri

0 komentar:

Poskan Komentar