Minggu, 08 Juli 2012

0 Makalah Konsep Diri dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya

Sinopsis Makalah Konsep Diri dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya

Konsep Diri dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya

A. Pendahuluan.
Dalam bukunya, Dedy Mulyana mengemukakan pemahaman tentang komunikasi interpersonal harus diawali dengan pembentukan konsep diri . Bahwa konsep diri yaitu pandangan kita mengenai siapa diri kita, dan itu dapat diperoleh lewat informasi yang diberikan orang lain kepada kita.
Konsep diri menjadi penting dalam komunikasi interpersonal dikarenakan konsep diri sangat berpengaruh terhadap tingkah laku komunikasi seseoarang. Konsep diri negatif yang didapatkan seseorang dari orang lain akan melahirkan hubungan interpersonal yang tidak bagus dan tidak efektif, dan sebaliknya konsep diri yang positif akan melahirkan hubunganyang positif. Singkatnya, konsep diri menentukan kepercayaan dan harga diri.

B. Defenisi Konsep Diri.
Manusia adalah makhluk penafsir dan juga subjek dari persepsi objek maupun persepsi interpersonal. Seseorang dapat menjadikan dirinya sendiri sebagai subjek dan objek persepsinya sekaligus, yaitu ia membayangkan dirinya sebagai orang lain dalam otaknya, seperti ia menaruh cermin di depan dirinya, kemudian melihat dirinya sendiri pada cermin dan membayangkan demikianlah cara orang dalam memandang dirinya. Dengan mengamati dirinya sendiri, sampailah ia pada gambaran dan penilaian tentang dirinya yang disebut konsep diri (self concept).
William D. Brooks mendefinisikan konsep diri sebagai persepsi secara fisik, sosial, dan psikologis terhadap diri kita sendiri yang kita peroleh dari pengalaman dan interaksi kita dengan orang lain.  

Ingin  makalah ini silahkan klik di SINI
 
Kata Kunci Blog ini = Kumpulan Tesis dan makalah, Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri

0 komentar:

Poskan Komentar