Minggu, 08 Juli 2012

0 Makalah Kedudukan Peradilan Agama dalam Sistem Peradilan di Indonesia

Sinopsis Makalah Kedudukan Peradilan Agama dalam Sistem Peradilan di Indonesia

Kedudukan Peradilan Agama dalam Sistem Peradilan di Indonesia

A.    Pendahuluan
Peradilan Agama di Indonesia sebenarnya merupakan instansi yang sudah sangat tua usianya. Lebih tua dari Departemen Agama sendiri, bahkan lebih tua dari usia Negara kita. Peradilan Agama sudah ada sejak masuknya Islam ke Indonesia, sejak munculnya kerajaan-kerajaan Islam di bumi Nusantara ini. Bahkan masa penjajahan pun Peradilan Agama tetap eksis sebagai Lembaga peradilan bagi umat Islam Indonesia sampai saat ini.
Dalam lintasan sejarah Peradilan Agama di Indonesia terlihat bahwa setiap episode sejarah ditandai dengan pergumulan antara politik dengan institusi hukum Islam ini. Pergumulan itu terkadang memihak, terkadang membawa kerugian bagi Peradilan Agama.
Pergumulan di atas sangat berpengaruh terhadap pasang surutnya institusi hukum Islam ini, seiring dengan pasang surut peran politik umat Islam Indonesia. Pengaruh itu dapat dilihat dari beragamnya peraturan-peraturan yang menggambarkan naik turunnya perjalanan Peradilan Agama.
Namun perlu digarisbawahi, bahwa tulisan ini tidak bermaksud menjelaskan naik turunnya perjalanan Peradilan Agama berdasarkan peraturan-peraturan yang berlaku saat ini. Meskipun demikian, tidak berarti makalah ini tidak memuat tinjauan dari sudut historisnya.

B.    Pengertian Asas dan Peradilan Agama
Kata asas berasal dari bahasa Arab, asasun, yang berarti dasar atau sesuatu yang menjadi tumpuan berfikir atau berpendapat.  Jika kata asas ini dihubungkan dengan Peradilan Agama, maka maksudnya adalah sesuatu yang merupakan fundamen dan pedoman dalam melaksanakan penerapan seluruh jiwa dan semangat undang-undang Peradilan Agama.  Dengan kata lain, asas-asas dalam Peradilan Agama adalah prinsip-prinsip (aturan pokok) persidangan dalam Peradilan Agama yang tidak boleh diabaikan (wajib) dilaksanakan oleh Majelis Hakim.

Ingin  makalah ini silahkan klik di SINI
 
Kata Kunci Blog ini = Kumpulan Tesis dan makalah, Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri

0 komentar:

Poskan Komentar