Sabtu, 07 Juli 2012

0 Makalah Kedudukan dan Fungsi Hadis Terhadap Alquran

Sinopsis Makalah Kedudukan dan Fungsi Hadis Terhadap Alquran

Kedudukan dan Fungsi Hadis Terhadap Alquran

A. Pendahuluan.
Alquran dan Hadis adalah rujukan pokok dalam agama Islam. Keduanya tidak dipisahkan. Alquran sebagai rujukan pertama berisikan petunjuk dan prinsip-prinsip yang bersifat umum dan universal yang perlu diterangkan lebih lanjut. Maka Hadislah sebagai sumber dan rujukan kedua untuk menjelaskan Alquran. Karena pada dasarnya, hanya dengan as-sunnah dengan Hadislah kita dapat menafsirkan ayat-ayat Alquran dengan baik dan benar.
Oleh sebab itu, maka Hadis sangat penting dikaji karena kedudukan dan fungsi sebagai pensyarah bagi Alquran, terutama bagi ayat-ayat yang bersifat mujmal, memberikan taqy³d bagi ayat-ayat yang mu¯laq, memberikan tahk¡³¡ bagi ayat-ayat yang ‘amm, serta menetapkan hukum-hukum yang tidak ditetapkan oleh Alquran.
Berkenaan dengan hal tersebut, dalam makalah ini, penulis akan mencoba menguraikan tentang kedudukan dan fungsi Hadis terhadap Alquran, yang selanjutnya mencakup pengertian Hadis, Hadis sebagai sumber ajaran Islam, kedudukan Hadis terhadap Alquran, fungsi Hadis terhadap Alquran dan perbandingan Hadis dengan Alquran.



B. Pengertian Hadis.
Kata ¥ad³£, yang berasal dari bahasa Arab, secara etimologis berarti komunikasi, cerita, percakapan, baik dalam konteks agama maupun bukan agama, sejarah, peristiwa dan kejadian faktual. Sementara kata ¥ad³£ sebagai kata sifat berarti al-jad³d, yaitu yang baharu, lawan dari al-qad³m yang berarti yang lama. Dengan begitu, dapat dipahami penggunakan kata al-¥ad³£ di sini adalah untuk menunjukkan perbedaannya dengan Alquran yang bersifat qad³m.
Pengertian secara etimologis di atas dapat dilihat dalam contoh berikut:
1.    Dalam konteks komunikasi religius yang berarti wahyu atau Alquran:

Ingin  makalah ini silahkan klik di SINI
 
Kata Kunci Blog ini = Kumpulan Tesis dan makalah, Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri

0 komentar:

Poskan Komentar