Rabu, 11 Juli 2012

0 Makalah Kajian Bahan Pustaka

Sinopsis Makalah Kajian Bahan Pustaka

Kajian Bahan Pustaka

A. Pendahuluan.

Dalam penelitian kuantitatif biasanya, bahan-bahan pustaka menjadi sumber sekunder penelitian. Namun pentingnya kajian pustaka terlihat, selain pada penelitian kepustakaan, juga dalam menyusun dan merumuskan landasan teoritis dan kerangka konseptual. Landasan teoritis dan kerangka konseptual tidak akan bisa dirumuskan kecuali dengan menggunakan data-data yang berasal dari perpustakaan baik berupa buku, majalah, rekord, dokumen dan sebagainya.
Makalah ini akan mencoba menguraikan tentang kajian bahan pustaka, meliputi defenisi, teknik analisa bahan pustaka dan sebagainya.

B. Pengertian dan Kegunaan
Akhir-akhir ini orang membedakan dokumen dan record. Guba dan Lincoln (1981:228) mendefinisikannya seperti berikut: Record adalah setiap pernyataan tertulis yang disusun oleh seseorang atau lembaga untuk keperluan pengujian suatu peristiwa atau menyajikan akunting. Dokumen ialah setiap tertulis ataupun film, lain dari record, yang tidak dipersiapkan karena adanya permintaan seorang penyidik.
Pembahasan di sini diarahkan pada dokumen dalam arti jika peneliti menemukan record¸ tentu saja perlu dimanfaatkan. Dokumen biasanya dibagi atas dokumen pribadi dan dokumen resmi.
Dokumen sudah lama digunakan dalam penelitian sebagai sumber data karena dalam banyak hal dokumen sebagai sumber data dimanfaatkan untuk menguji, menafsirkan, bahkan untuk meramalkan.
Dokumen dan record digunakan untuk keperluan penelitian, menurut Guba dan Lincoln (1981:235), karena alasan-alasan yang dapat dipertanggung-jawabkan seperti berikut ini.
1)    Dokumen dan record digunakan karena merupakan sumber yang stabil, kaya, dan mendorong.
2)    Berguna sebagai bukti untuk sesuatu pengujian.
3)    Keduanya berguna dan sesuai dengan penelitian kualitatif karena sifatnya yang alamiah, sesuai denga konteks, lahir dan berada dalam konteks.
4)    Record relative murah dan tidak sukar diperoleh, tetapi dokumen harus dicari dan ditemukan.
5)    Keduanya tidak reaktif sehingga sukar ditemukan dengan teknik kajian isi.
6)    Hasil pengkajian isi akan membuka kesempatan untuk lebih memperluas tubuh pengetahuan terhadap sesuatu yang diselidiki.
1. Dokumen Pribadi
Dokumen pribadi adalah catatan atau karangan seseorang secara tertulis tentang tindakan, pengalaman, dan kepercayaannya. 

Ingin  makalah ini silahkan klik di SINI
 
Kata Kunci Blog ini = Kumpulan Tesis dan makalah, Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri

0 komentar:

Poskan Komentar