Minggu, 08 Juli 2012

0 Makalah Ayat-Ayat Alquran Hadist Tentang Teori-Teori Komunikasi

Sinopsis Makalah Ayat-Ayat Alquran Hadist Tentang Teori-Teori Komunikasi

Ayat-Ayat Alquran Hadist Tentang Teori-Teori Komunikasi

A. Pendahuluan.
Dalam mempertahankan Komunikasi Islam sebagai salah satu disiplin ilmu-ilmu yang mengkaji masalah-masalah ke-Islaman, Komunikasi Islam perlu untuk menemukan teori-teori yang selaras dengan moral Islami yang disediakan oleh Alquran.
Adalah merupakan salah satu kecenderungan umum yang sering muncul di kalangan akademisi Islam, yakni keinginan menselaraskan ilmu-ilmu yang berasal dar Eropa dengan ajaran Islam. Peristiwa yang lazimnya disebut dengan Islamisasi ilmu ini menyediakan sebuah tugas besar bagi masyarakat akademis.
Dalam hubungannya dengan komunikasi, pencarian dasar-dasar dan prinsip-prinsip komunikasi dalam Islam sangatlah urgen untuk mempertahankan keilmiahan dan keaslian komunikasi Islam itu sendiri. Prinsip-prinsip diduga akan ditemukan di dalam Alquran dan Hadis yang keduanya merupakan sumber utama ajaran Islam.
Penulis akan mencoba untuk ikut berpartisipasi dalam usaha untuk mencari ayat-ayat dan Hadis yang berkenaan dengan teori atau prinsip-prinsip komunikasi.
Pada hasilnya, tidaklah semua teori-teori komunikasi umum dapat ditemukan dalam Alquran maupun Hadis, dikarenakan Alquran itu tidaklah mencakup semua hal yang sangat detil, termasuk teori-teori komunikasi yang merupakan generalisasi dari beberapa fakta yang ditemukan.
Dengan begitu, pencarian ayat-ayat dan Hadist berikut hanya akan menyajikan ayat-ayat yang berkenaan dengan teori-teori komunikasi yang menurut kami seide dengan prinsip-prinsip komunikasi Islam.

B. Ayat-Ayat yang Berhubungan dengan Teori dan Prinsip Komunikasi.
1. Fungsi komunikasi
وَمَا أَرْسَلْنَاكَ إِلَّا رَحْمَةً لِلْعَالَمِينَ(107)
Dan tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam.
Pada dasarnya nabi Muhammad saw. adalah rasul yang diutus oleh Allah swt. untuk menyampaikan pesan-pesan Allah kepada manusia. Tugas Rasulullah saw. sebagai seorang penyampai (komunikator) tidaklah terbatas bagi orang Arab saja tapi juga kepada seluruh alam semesta.

Ingin  makalah ini silahkan klik di SINI
 
Kata Kunci Blog ini = Kumpulan Tesis dan makalah, Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri

0 komentar:

Poskan Komentar